Pages

Gloria Patri, et Filio, et Spiritui Sancto
GPIB Jemaat PNIEL Surabaya, Komisi Musik Gereja

About Me

Labels

Ornamen dan Artikulasi dalam Partitur


Dalam sebuah komposisi musik kita banyak menemukan tanda ornamen-ornamen maupun tanda artikulasi musik.








Ornamen

Ornamen yang dimaksud disini adalah not-not yang ditambahkan pada melodi, tidak termasuk nilai not melodi dan tentu tidak termasuk dalam birama. Sejumlah ornamen ditandai dengan simbol standar dalam notasi musik, sementara ornamen lain dapat ditambahkan ke staf di not kecil, atau hanya ditulis secara normal. Ada beberapa jenis ornament diantaranya Trill,Morden, Grupeto, Appoggiatura, Aciakatura.


Trill

Sebuah Trill adalah pergantian yang cepat antara not dasar dan satu not di atas.Pada musik lama, trill dimainkan dengan memulai not diatas not yang mendapat tanda Trill. Namun pada musik modern, trill biasanya dimainkan dengan memulai pada notyang mendapat tanda Trill.
Berikut ini contoh tanda Trill dan cara memainkannya:
Cara memainkan Trill

Trill







Morden

Morden terdiri atas not dasar dengan not di atas atau not di bawah, dan not dasar lagi. Dua not permulaan dimainkan secepat mungkin (biasanya dengan not sepertigapuluhdua). Kecepatan memainkan morden sama seperti dengan trill. Kecepatan yang dilakukan akan bervariasi sesuai dengan tempo lagu yang dimainkan. Tanda morden ada 2 macam yaitu morden langsung dam morden inversi.
Berikut ini contoh tanda morden dan cara memainkannya
Cara memainkan Mordent
Mordent






Turn/Grupeto

Turn atau disebut juga Grupeto terdiri atas not dasar, not di atas not dasar dan not dibawahnya. Not diatas not dasar, biasanya adalah not dalam rangkaian tangga nada. Demikian pula not di bawah not dasar adalah not dalam rangkaian tangga nada. Tanda grupeto yang berada tepat diatas not, dimainkan secepat mungkin yang dimulai pada not dasar. Sedangkan Turn yang ditulis sesudah not, dimainkan secepat mungkin sesudah not dasar.
Berikut ini contoh tanda Turn/Grupeto dan cara memainkannya
Grupeto
Cara memainkan Grupeto



Appoggiatura

Apopggiatura pada hakekatnya adalah not dasar. Appoggiatura muncul dalam bentuk not yang bentuknya lebih kecil dari not dasar dan umumnya mendapat sebuah aksen. Nilai not Apopggiatura nilainya adalah separuh dari not dasar.
Berikut ini contoh tanda Appoggiatura dan cara memainkannya
Cara memainkan Appoggiatura

Appoggiatura







Aciakatura

Aciakatura ditulis seperti Appoggiatura, tetapi diberi tambahan garis kecil menyilang pada tangkai notnya. Aciakatura biasanya akan dimainkan cepat (1/32).
Berikut ini contoh tanda Aciakatura dan cara memainkannya

Aciakatura
Cara memainkan Aciakatura








Salah satu realisasi dari beberapa ornamen Baroque umum diatur dalam tabel berikut dari Klavierbüchlein für Wilhelm Friedemann Bach ditulis oleh JS Bach:


Arpeggio

Arpeggio adalah teknik musik di mana notasi dalam akord dimainkan atau dinyanyikan dalam urutan , satu demi satu. Kata ini berasal dari kata Italia "arpeggiare", yang berarti "untuk bermain di harpa ." 
Sebuah terjemahan alternatif dari istilah ini adalah "akord patah. "
Bach Arpeggio dari Jesu, Joy of Man Desiring.png
Arpeggio
Chord Arpeggio adalah jenis akord patah. Jenis lain dari akord patah bermain notasi akord dari urutan atau lebih dari satu not tetapi kurang dari akord penuh secara bersamaan. Arpeggio bisa naik atau turun lebih dari satu oktaf.
Musik-arpeggio.svg
Chord Arpeggiated

Fermata

Fermata (juga dikenal sebagai jeda, Cyclops) adalah elemen dari notasi musik yang menunjukkan bahwa notasi harus dipertahankan selama lebih dari nilai notasi tersebut. Tepatnya berapa lama nilai fermata terserah kepada kebijaksanaan pemain atau konduktor, tetapi biasanya dua kali lebih lama. Fermata biasanya dituliskan di atas notasi, tapi kadang-kadang di bawah (terbalik).
Contoh tanda Fermata



Tie

Tie adalah garis melengkung yang menghubungkan kepala dua notasi dengan nada yang sama, yang menunjukkan bahwa mereka akan dimainkan sebagai nada tunggal dengan durasi sesuai nilai dari notasi.
Berikut contoh Tie :
Ikat music.png




Artikulasi



Contoh artikulasi.
Dari kiri ke kanan: staccato , staccatissimo , martellato , MARCATO , tenuto .



Artikulasi dari legato ke staccatissimo.
 Legato Portato, StaccatoStaccatissimo

Dalam musik , artikulasi mengacu pada teknik pertunjukan musik yang mempengaruhi transisi atau kontinuitas pada nada tunggal, atau antara beberapa nada atau suara.


Jenis artikulasi

Ada banyak jenis artikulasi, masing-masing dengan efek yang berbeda tentang bagaimana nada dimainkan. Dalam notasi musik artikulasi tanda termasuk slur , staccato ,staccatissimo , accent , sforzando , rinforzando  dan Legato.

Slur

Slur adalah simbol notasi musik yang menunjukkan bahwa rangkaian notasi didalam slur harus dimainkan tanpa pemisahan. Ini berarti notasi diartikulasikan secara Legato
Untuk instrument musik gesek senar maka slur juga menunjukkan bahwa notasi harus dimainkan dalam satu gesek. 
Untuk instrument musik tiup , maka notasi dengan tanda slur harus dimainkan tanpa menggunakan lidah untuk re-articulate setiap notasi.
Dalam gitar musik, slur menunjukkan bahwa notasi harus dimainkan tanpa memetik senar individu yaitu dengan teknik hammer-on atau pull-off . 
Dalam musik vokal , slur biasanya digunakan untuk menandai catatan yang dinyanyikan untuk satu suku kata.
Contoh Slur

Berikut beberapa tanda artikulasi.
TenutoTahan not yang bersangkutan panjang penuh (atau lebih, dengan sedikit Rubato), atau memainkan not sedikit lebih keras.
MarcatoMenunjukkan notasi atau chord untuk dimainkan lebih keras atau lebih kuat daripada musik.
StaccatoMenandakan notasi dengan durasi singkat
LegatoMenunjukkan notasi musik yang akan dimainkan atau dinyanyikan secara lancar dan terhubung.


Tanda anti-aksen

Musik pada perkusi khususnya menggunakan tanda anti-aksen yang dinotasikan sebagai berikut:
  1. Bunyi notasi sedikit lebih lembut daripada notasi sekitarnya: u (breve)
  2. Bunyi notasi secara signifikan lebih lembut daripada notasi sekitarnya: () (kepala not dalam tanda kurung)
  3. Bunyi notasi jauh lebih lembut daripada notasi sekitarnya: [] (kepala not dalam tanda kurung)
  4. Anti-accents.png
    Dari kanan Breve, () dan []


Referensi


0 komentar

Posting Komentar