Pages

Gloria Patri, et Filio, et Spiritui Sancto
GPIB Jemaat PNIEL Surabaya, Komisi Musik Gereja

About Me

Labels

Harmoni


Apakah yang dimaksud dengan "Harmoni" dan sejarahnya?
Harmoni dan sejarahnya.


Pengertian Harmoni

Dalam musik , harmoni adalah penggunaan pitch simultan ( tones , notes ), atau chords .
Harmoni atau Keselarasan sendiri berasal dari bahasa Yunani ἁρμονία ( Harmonia ), yang berarti "bersama, kesepakatan, kerukunan", dari ἁρμόζω kata kerja (harmozo), "cocok bersama, bergabung". Istilah ini sering digunakan untuk seluruh bidang musik, sementara "musik" yang disebut seni pada umumnya. Di Yunani Kuno, istilah didefinisikan kombinasi elemen kontras: nada tinggi dan lebih rendah. Namun demikian, tidak jelas apakah simultan terdengar catatan adalah bagian dari praktek musik Yunani kuno, "Harmonia" mungkin hanya menyediakan sistem klasifikasi hubungan antara titinada yang berbeda. Pada Abad Pertengahan, istilah ini digunakan untuk menggambarkan dua lapangan terdengar dalam kombinasi, dan di Renaissance konsep ini diperluas untuk menunjukkan tiga pitches terdengar bersama-sama.

Harmoni dalam musik Barat adalah salah satu teori musik yang mengajarkan bagaimana menyusun suatu rangkaian akord-akord agar musik tersebut dapat enak didengar dan selaras. Di sini dipelajari tentang penggunaan berbagai nada secara bersama-sama dan akord-akord musik, yang terjadi dengan sesungguhnya ataupun yang tersirat. Studi ini sering merujuk kepada studi tentang progresi harmonis, gerakan dari satu nada secara berbarengan ke nada yang lain, dan prinsip-prinsip struktural yang mengatur progresi tersebut. Dalam musik barat, harmoni sering mengacu kepada aspek-aspek "vertikal" musik, yang dibedakan dari gagasan tentang garis melodi, atau aspek "horisontal"-nya.


'Traité de l'harmonie' Rameau (Traitee on Harmony) pada tahun 1722 bahwa teks membahas praktek musik membuat penggunaan istilah dalam judul, meskipun hal ini bukan topik nada paling awal teori. Prinsip yang mendasari balik teks-teks adalah bahwa harmoni mengandung keselarasan sesuai dengan prinsip-prinsip komposisi tertentu yang ditetapkan sebelumnya.

Definisi kamus saat ini, ketika mencoba untuk memberikan deskripsi singkat, sering menyoroti ambiguitas dari istilah yang digunakan modern. Ambiguitas cenderung timbul karena salah satu pertimbangan estetika (misalnya pandangan bahwa hanya "menyenangkan" concords mungkin harmonis) atau dari sudut pandang tekstur musik (membedakan antara "harmonik" (bersamaan terdengar pitches) dan "kontranpuntal" (berturut-turut terdengar nada).


Pandangan modern tentang harmoni tonal dalam musik Barat dimulai pada sekitar 1600 merupakan hal yang biasa dalam teori musik. Hal ini biasanya dicatat dengan 'pengganti' dari horizontal (dari kontrapuntal ) menulis, umum di musik dari Renaissance , dengan penekanan baru pada elemen 'vertikal' dari menggubah musik. Teori modern, namun, cenderung melihat ini sebagai generalisasi memuaskan.


Sejarah Harmonisasi

Sistem harmonisasi berasal dari nyanyian gerejawi. Pada akhir abad ke-4, Ambrosius, Uskup Milan, mendefinisikan empat mode, yang dia berikan nomor. Sifat setiap mode didefinisikan oleh posisi semitone dalam skala:
Ambrosian Modes
Tangga nada pertamad e f g a b c d
Tangga nada keduae f g a b c d e
Tangga nada ketigaf g a b c d e f
Tangga nada keempatg a b c d e f g



Notasi Gregorian Tahun 590

Notasi musik lahir pada tahun 590 yang disebut Notasi Gregorian, yang ditemukan oleh Paus Gregorius I, di mana sebelumnya musik mengalami kegelapan tidak ada peninggalan tertulis. Pada masa hidupnya Paus Gregori telah menyalin ratusan lagu-lagu gereja dalam notasi gregorian tersebut. Notasi ini memakai 4 garis sebagai not balok, tetapi belum ada notasi iramanya (hitungan berdasarkan perasaan penyanyi. Di sini sifat lagu masih sebagai lagu tunggal atau monofoni.

Sistem ini dimodifikasi di bawah arahan Paus Gregorius (Paus pada periode 590-604) dengan meningkatkan jumlah mode untuk delapan. Keempat mode tambahan yang diproduksi dengan memulai masing-masing mode Ambrosian lebih rendah keempat, sehingga keynote muncul di tengah-tengah skala. Keempat mode lama disebut Authentic sedangkan mode baru disebut plagal:

Gregorian Modes
Tangga nada pertamaAuthenticDe f g a b c d
Tangga nada keduaPlagala b c D e f g a
Tangga nada ketigaAuthenticE f g a b c d e
Tangga nada keempatPlagalb c d E f g a b
Tangga nada kelimaAuthenticF g a b c d e f
Tangga nada keenamPlagalc d e F g a b c
Tangga nada ketujuhAuthenticG a b c d e f g
Tangga nada kedelapanPlagald e f G a b c d


Sekitar 1020, biarawan Guido dari Arezzo memberi penamaan pada nada berdasarkan suku kata pertama dari setiap baris dalam Hymne untuk peringatan St.Yohanes Pembabtis (disusun oleh Paulus Deacon c 774.):

UT queant laxis
REsonare fibris
MIra gestorum
FAmuli tuorum:
SOLve polluti,
LAbii reatum, Sancte Johannes
SI sebagai nama untuk skala tingkat ke-7 itu tidak disepakati sampai akhir 1600-an. Penggunaan DO di tempat UT diusulkan pada 1673 oleh Giovanni Maria Bonocini, hal ini belum diadopsi secara universal seperti sekarang.

Seperti dapat dilihat dari tabel di atas, Gregorian digunakan hanya pada nada putih piano. Chant hanya terdiri dari garis melodi tunggal. Tapi seperti polifoni dikembangkan melalui Abad Pertengahan, interval tritone antara B dan F menjadi masalah. Hal ini diselesaikan dengan pengenalan B flat, yang awalnya tidak dianggap sebagai catatan yang berbeda, seperti yang kita lakukan hari ini, tetapi sebagai modifikasi dari nada B asli. Seiring waktu berlalu, modifikasi tambahan diizinkan (meskipun sistem gereja yang ketat masih diperbolehkan hanya B flat). Hal ini memunculkan mode yang tidak dapat dijelaskan menggunakan sistem Gregorian asli.

Renaissance

Sistem yang kita gunakan saat ini didasarkan pada komposisi dari masa Renaissance. Pada abad ke-16 Glareanus memberikan tanda nama Yunani untuk masing-masing mode yang ada. (Nama-nama ini tidak terhubung ke sistem benar-benar digunakan di Yunani kuno) Perbedaan plagal dan Authentic telah ditinggalkan. Sistem Renaissance adalah sebagai berikut:

Renaissance Modes
Nama ModeNadaScale pattern
Ionianc d e f g a b1 2 3 4 5 6 7
Doriand e f g a b c1 2 -3 4 5 6 -7
Phrygiane f g a b c d1 -2 -3 4 5 -6 7
Lydianf g a b c d e1 2 3 +4 5 6 7
Mixolydiang a b c d e f1 2 3 4 5 6 -7
Aeoliana b c d e f g1 2 -3 4 5 -6 -7
Locrianb c d e f g a1 -2 -3 4 -5 -6 -7


Jadi, dengan tanda kunci tanpa flat atau sharp, mode tujuh kemungkinan, atau pola skala, dapat terwakilkan. (Bahkan, karena tingkat kelima skala yang tidak sempurna, modus Locrian sebatas teoritis saja-itu jarang digunakan dalam praktek.) Tentu saja, setiap nada awal dapat dipilih-setiap tanda kunci dapat menghasilkan tujuh mungkin mode. Dalam Renaisans, namun tidak semua nada akan diizinkan sebagai nada awal.

Selanjutnya tabel yang sama diberikan nada dengan dimulai menjadi C dalam setiap kasus. Sekarang setiap mode dimulai pada C akan memiliki tanda kunci yang berbeda.

Renaissance Modes, C starting pitch
Mode NameNotesScale patternKey signature
IonianC D E F G A B1 2 3 4 5 6 7No flats or sharps
DorianC D Eb F G A Bb1 2 -3 4 5 6 -7Bb Eb
PhrygianC Db Eb F G Ab Bb1 -2 -3 4 5 -6 7Bb Eb Ab Db
LydianC D E F# G A B1 2 3 +4 5 6 7F#
MixolydianC D E F G A Bb1 2 3 4 5 6 -7Bb
AeolianC D Eb F G Ab Bb1 2 -3 4 5 -6 -7Bb Eb Ab
LocrianC Db Eb F Gb Ab Bb1 -2 -3 4 -5 -6 -7Bb Eb Ab Db Gb

Dalam musik tradisional, mode yang paling sering digunakan adalah Ionian, Dorian, dan Mixolydian. 
Mode Aeolian tidak umum digunakan, Mode Lydian dan mode Frigia sangat jarang. Mode Locrian tidak pernah digunakan.

Edisi abad ke-19 musik tradisional sering "dikoreksi" nada dengan menambahkan nada sharp (kruis), mengubah mode Dorian ke mode Aeolian, dll. Koleksi abad kedelapan belas tampaknya cukup handal, jika lagu tersebut telah berlangsung ke zaman modern, biasanya cukup dekat dengan pengaturan abad kedelapan belas. Jika tidak, pengaturan dikumpulkan pada abad kedua puluh adalah lebih baik.

Penggunaan sistem mode sangat memudahkan dalam hal tanda kunci (key signatures). Misalnya, ketika menulis nada A minor dalam tanda kunci tidak ada kres atau mol, namun jika melihat bahwa F telah sharp, harus disimpulkan bahwa lagu ini dalam mode A Dorian daripada A Aeolian. Hal ini dapat tercermin dengan menempatkan F # dalam tanda kunci, menghindari aksidensi yang tidak perlu akan memudahkan baik untuk penyalin dan untuk pemain.


Teori Harmoni Dasar 1750 - 1825

Teori harmoni dasar antara lain adalah Trisuara dan Tingkatannya
Kebanyakan harmoni datang dari dua atau lebih catatan terdengar bersamaan-namun pekerjaan dapat menyiratkan harmoni dengan hanya satu baris melodi dengan menggunakan arpeggio atau hocket .


Contoh harmoni tersirat di JS Bach Cello Suite no.1 nada dasar G, BWV 1007, bar 1-2.
 Play atau Mainkan Harmoni
Banyak potongan dari Barok periode untuk solo instrumen string menyampaikan harmoni halus melalui inferensi daripada struktur chordal penuh. Ini bekerja menciptakan rasa harmoni dengan menggunakan akord arpeggiated dan tersirat basslines . Basslines tersirat diciptakan dengan nada rendah durasi pendek yang banyak pendengar menganggap sebagai nada bass dari chord. (Lihat diatas).




Tangga Nada Modern

Dalam skala musik sekarang, ada dua belas pitches.
Setiap field disebut sebagai "derajat" skala. Nama-nama A, B, C, D, E, F, dan G tidak signifikan. Berikut sebagai contoh:
1 °2 °3 °4 °5 °6 °7 °8 °
CDEFGABC
DEGABD

Seperti dapat dilihat, nada selalu sesuai dengan tingkat skala tertentu. Tonik, atau 1 derajat nada, bisa salah satu dari 12 nada (kelas pitch) dari skala kromatik. Semua catatan lain jatuh ke tempatnya. Jadi, ketika C adalah tonik, tingkat keempat, subdominant, adalah F. Tapi ketika D adalah tonik, tingkat keempat adalah G. Jadi sementara nama-nama catatan yang keras kepala, interval tidak. Dalam istilah awam: yang subdominant, "keempat" (interval empat langkah) selalu keempat, tidak peduli apa tonik adalah. Kekuatan besar dari kenyataan ini adalah bahwa setiap karya musik dapat dimainkan atau dinyanyikan dalam kunci apapun. Ini adalah musik yang sama, selama interval yang sama-sehingga transposing melodi ke tombol yang sesuai. Ketika interval melampaui Oktaf sempurna (12 semitone), interval ini disebut interval majemuk, yang meliputi khususnya 9, 11, dan 13 Interval-banyak digunakan dalam musik jazz dan blues.
Interval Senyawa terbentuk dan diberi nama sebagai berikut:
2nd + Oktaf = 9
3 + oktaf = 10
4 + Oktaf = 11
5th + oktaf = 12
6th + Oktaf = 13
7 + oktaf = 14

Trisuara atau Triad

Kalau kita membangun tiga nada yang berjarak masing-masing terts di atas suatu nada alas, maka akan diperoleh suatu akord yang disebut tri-suara atau triad.

Triad adalah akord dengan 3 nada, yaitu : Nada dasar (menyebutnya "root"), lalu menambahkan nada ketiga dan kelima, maka terbentuk triad. (Semua triad adalah akord, tetapi tidak semua akord adalah triad.)

Misalnya, dalam akord C, ada tiga nada: C, E, dan G. 
Nada C adalah akar (root). Nada E dan G menyediakan harmoni, dan dalam G7 (G dominan 7th) chord, G root dengan masing-masing nada berikutnya (dalam hal ini B, D dan F) memberikan harmoni.


Tingkatan Trisuara

Untuk masing-masing nada dari suatu tangga nada dapat dibentuk tri-suara, dengan masing-masing tingkatan sebagai berikut:
  • Di atas suatu nada I disebut Tonik
  • Di atas suatu nada II disebut Super-Tonik
  • Di atas suatu nada III disebut Median
  • Di atas suatu nada IV disebut Sub-Dominan
  • Di atas suatu nada V disebut Dominan
  • Di atas suatu nada VI disebut Sub-Median
  • Di atas suatu nada VII disebut Leading Note atau Nada Ketujuh

Agar nada-nada lain yang tidak termasuk dalam nada harmoni dapat dipakai bersamaan, maka dibuat ketentuan-ketentuan sebagai berikut ini:
  • Nada yang berada di antara dua nada harmoni pada waktu melodi bergerak ke atas atau ke bawah disebut nada sisipan (passing note), karena berada di antara nada harmoni tersebut.
  • Nada yang berada di antara nada harmoni pada waktu melodi bergerak ke atas atau ke bawah tetaapi pada pukulan kuat disebut nada pendahulu (appogiatura), karena berada di antara nada harmoni tersebut tetapi pada hitungan yang kuat.
  • Nada yang berada di antara dua nada harmoni yang sama, jadi pada waktu melodi bergerak ke atas atau ke bawah kemudian kembali lagi, disebut nada bantu (auxiallary note), karena berada di antara nada harmoni di mana nada tersebut kembali lagi semula.
  • Nada yang berada di antara nada harmoni pada waktu melodi bergerak secara bergantian ke atas atau ke bawah disebut nada ganti (changing note), karena secara berganti arah.

Kadensa

Kadensa adalah suatu rangkaian harmoni sebagai penutup pada akhir melodi atau di tengah kalimat, sehingga bisa menutup sempurna melodi tersebut atau setengah menutup (sementara) melodi tersebut.
Kadensa dengan rangkaian Dominan Septim - Tonik disebut sebagai Kadensa Sempurna, karena sempurna menutup rangkaian tersebut dan terasa berhenti sempurna.
Tetapi kalau akord Dominan menjadi akhir rangkaian, maka disebut Kadensa Tidak Sempurna atau Setengah Kadensa, misalnya rangkaian Super Tonik - Dominan Septim.
Kalau rangkaian harmoni diakhiri pada Sub-Median, maka disebut Kadensa Terputus, misalnya Doninan Septim - Submedian.
Dalam rangkaian Subdominan - Tonik disebut Kadensa Plagal, mempunyai sifat sendu seperti kalau kita mengucap "Amin" dalam shalat.
Kadensa Keroncong, khusus dikembangkan dalam musik keroncong, yaitu rangkaian harmoni tonik septim - subdominan - dominan septim - tonik.
Berikut ini contoh kadenza pada komposisi Piano Concert in Bb Major, first movement Karya Mozart.


Tierce de Picardie

Kalau dalam suatu tangga nada minor, kemudian masuk tangga nada mayor, di mana nada terts minor menjadi terts mayor, maka hal ini disebut dengan Tierce de Picardie.

Modulasi

Modulasi adalah pergantian dari satu tangga nada ke tangga nada lain. Hal ini sering dilakukan di tengah-tengah lagu.



Referensi :

0 komentar

Posting Komentar